Sabtu, 21 November 2020

Teknologi VVTI

 

        Mesin berteknologi VVT-i (Variable Valve Timing with intelligence) sendiri sebenarnya adalah mesin dengan teknologi variable valve timing yang dikembangkan oleh Toyota

        VVT-i menggantikan teknologi VVT Toyota yang sudah mulai diterapkan tahun 1991 di mesin Toyota 4A-GE 5 silinder. Mesin yang sudah dipakai di sebagian besar mobil Toyota ini diklaim membuat mesin semakin efisien dan bertenaga, ramah lingkungan serta hemat bahan bakar.

        Teknologi VVT-i pada dasarnya merupakan sistem untuk mengatur kerja katup secara elektronis dan seefisien mungkin.

        Di Indonesia, mesin VVT-i ditanam dalam mobil Toyota Vios (2003), Toyota Corolla Altis (2004), Toyota Kijang Innova (2004), Toyota Avanza S VVT-i (2005), dan Toyota Fortuner (2005).

        VVT-i diklaim memiliki beberapa kelebihan dalam kinerjanya yaitu mengoptimalkan torsi mesin pada semua kecepatan dan membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien sekaligus mengurangi emisi serendah mungkin. Dengan demikian, tenaga yang dihasilkan lebih besar meskipun mesin berkapasitas kecil.

            Dari segi komponen, VVT-i terdiri dari tiga komponen utama, antara lain unit kontrol elektronik (ECU) yang menghitung timing katup masuk secara optimal berdasarkan kondisi operasi mesin, katup kontrol oli (OCV) yang mengontrol tekanan hidrolik di bawah instruksi ECU, dan katrol VVT yang secara terus-menerus mengubah timing katup masuk menggunakan tekanan hidrolik

        VVT-i mempunyai cara kerja yang cukup sederhana. Untuk menghitung waktu buka tutup katup (valve timing) yang optimal, ECU (Electronic Control Unit) akan menyesuaikan dengan kecepatan mesin, volume udara masuk, posisi throttle (akselerasi) dan temperatur air.

        Agar target valve timing senantiasa terwujud, sensor posisi crankshaft memberikan sinyal yang menjadi respon koreksi.

         Sistem VVT-i ini akan mengoreksi valve timing atau jalur keluar masuk bahan bakar dan udara. Disesuaikan dengan pijakan pedal gas dan beban yang ditanggung untuk menghasilkan torsi optimal di tiap putaran dan beban mesin.

        Keuntungan menggunakan teknologi mesin VVT-i Semua mesin dengan teknologi VVT-i memiliki kelebihan tenaga yang jauh lebih optimal ketimbang  dengan teknologi yang diterapkan sebelumnya. Teknologi ini juga diklaim hemat konsumsi bahan bakar, serta ramah lingkungan. Keuntungan lainya yang bias didapatkan adalah biaya peliharaan kendaraan jadi lebih minim, karena sudah tidak memerlukan kegiatan tune-up ataupun penyetelan klep dan sebagainya. Meskipun demikian, namun sangat ditekankan bagi pemilik mobil untuk melakukan perawatan berkala secara rutin, dan sebaiknya jangan sembarangan dalam memilih bengkel mobil.


referensi:

https://dannysengineportal.com/vvt-i-variable-valve-timing-how-does-it-work/

https://amp.kompas.com/nasional/read/2015/08/12/144958830/Mengenal.Lebih.Dekat.Teknologi.VVT-i.Toyota

https://mobilmo.com/mobil-baru/mengenal-kinerja-teknologi-mesin-vvt-i-serta-keuntungan-bagi-pemilik-mobil-aid1387

https://momobil.id/news/vvt-i-dan-dual-vvt-i-toyota-yuk-on-progress/

https://m.otosia.com/berita/apa-sesungguhnya-makna-dan-kegunaan-vvt-i-pada-mesin-toyota.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teknologi VVTI

            Mesin berteknologi VVT-i (Variable Valve Timing with intelligence) sendiri sebenarnya adalah mesin dengan teknologi variable val...